Cari Blog Ini

Sabtu, 31 Oktober 2009

Implementasi WiMAX Untuk Perkembangan Industri Konten

Implementasi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) diharapkan mampu mendorong industri konten multimedia. WiMAX merupakan solusi untuk akses internet bagi pengguna internet, untuk melakukan download dan upload konten. WiMax sendiri merupakan layanan komersial pita lebar nirkabel berjangkauan luas. Teknologi ini diharapkan mampu memudahkan masyarakat mendapatkan koneksi internet berkualitas untuk melakukan aktivitas dengan teknologi nirkabel telekomunikasi berbasis protokol internet. WiMAX dapat memperluas penetrasinya sehingga mampu menjangkau seluruh pelosok nusantara. Dengan adanya WiMAX, maka konten internet seperti game online akan laku keras. Hal tersebut disebabkan oleh murahnya tarif untuk mengakses internet. Kita juga dapat mengakses internet di mana saja, kapan pun.

Jika diibaratkan dengan infrastruktur fisik jalan raya, maka teknologi serupa WiMAX merupakan superhighway informasi atau jalan tol-nya informasi. WiMAX yang dikembangkan dari teknologi wireless fidelity (Wi-Fi), baik dari sisi kapasitas transmisi maupun jangkauan, pertama kali muncul pada Juni 2001 dengan kecepatan akses hingga 75 Mbps.
Jadi, perkembangan WiMAX akan menjadi awal dari babak baru era komunikasi, di mana pengguna akses internet dapat mengakses internet di mana saja dan kapan pun ia mau. Biaya nya yang murah akan menjadi pendorong utama bagi pengguna akses internet untuk beralih ke WiMAX. Dari segi biaya, infrastruktur memang mahal (masih tergolong teknologi baru) namun propek ke depannya akan sangat menguntungkan, seperti penggunaan VoIP untuk menghemat biaya komunikasi lewat ponsel.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/02/25/23191269/implementasi.wimax.diharapkan.mendorong.industri.konten

0 komentar:

Posting Komentar