Cari Blog Ini

Kamis, 29 Oktober 2009

Perkembangan Internet (40 Tahun)

Tanpa kita sadari, internet telah berkembang selama 40 tahun. Berbagai aplikasi seperti Facebook, Twitter, YouTube dan sebagainya dapat kita jumpai di internet sekarang. Padahal 40 tahun silam aplikasi tersebut belum exist seperti zaman sekarang. Leonard Kleinrock, seorang ilmuwan komputer, pun takjub terhadap perkembangan internet sekarang ini.



Pada 29 Oktober 1969, Leonard Kleinrock memimpin sebuah tim. Tim tersebut melakukan riset bagaimana membuat satu komputer berbicara dengan komputer lainnya. Leonard Kleinrock percaya bahwa komputer dirancang agar dapat berbicara satu dengan yang lainnya (jaringan sederhana). Beliau menyatakan bahwa kunci dalam pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya adalah dengan memecah kode digital dan menjadikan paket-paket terpisah.

Menurut opini saya, perkembangan internet pada zaman sekarang memang lebih baik daripada perkembangan internet pada zaman dahulu. Mungkin, pada zaman dahulu infrastruktur untuk meningkatkan peforma internet (teknologi) kurang memadai. Namun, pada zaman sekarang infrastruktur tersebut telah memadai, sehingga berbagai aplikasi (Facebook, Twitter, dsb) dapat berjalan melalui internet. Perkembangan internet akan terus maju, seiring dengan perkembangan infrastruktur teknologi pendukungnya. Info terakhir yang saya dengar adalah akan muncul teknologi WiMAX. Teknologi tersebut akan membuat internet semakin exist dan mencakup wilayah yang luas. Seandainya internet tidak pernah ada, maka kita akan kesulitan dalam memperoleh informasi yang up to date dan melewati batas geografi. Semoga perkembangan internet tidak berhenti sampai di sini. (^ ^) v

Sumber berita : http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/10/26/06074856/40.tahun.internet

0 komentar:

Posting Komentar